GEMSTONE FROM ACEH photo GFA 2_zpsvjfi9aj9.jpg

Batu Bacan Ternyata Sudah Terkenal Sejak Zaman Yunani Kuno

{[['']]}
Batu Bacan memiliki karakteristik yang berbeda. Ia adalah bebatuan yang ‘hidup’ karena bisa berganti warna dari kelam hingga Kristal.


Batu ini dikenal di luar negeri dengan nama Chrysocolla. Ternyata dalam sejarah panjang peradaban manusia, batu jenis Chrysocolla sudah terkenal ribuan tahun silam.

Ia bahkan diistilakan sebagai ‘The King Of Carbonate Copper Gemstones’ (Raja Batu Tembaga Karbonat). Ini karena warna hijau dan biru sebagaimana Palamea yang memukau.

Di Indonesia jenis batu Chrysocolla hanya ada di Pulau Kasiruta, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Batu ini mengalami sejarah panjang dan bahkan telah terkenal sejak zaman Yunani Kuno. Secara etimologi (asal usul kata), nama Chrysocolla pertama kali digunakan oleh Theophrastus, seorang filsuf Yunani dan ahli Botani, sekira tahun 315 SM.
Ia menggunakan nama Chrysocolla untuk menggambarkan batu ini. Kata Chrysocolla merupakan gabungan dari dua suku kata dari bahasa Yunani. Yaitu, Chrysos, yang berarti emas, dan Colla, yang berarti lem.

Ceritanya, batu ini pertama kali digunakan oleh seorang tukang emas kuno, sebagai bahan untuk solder, untuk mengelas kepingan emas bersama-sama.

Filsuf Yunani kemudian menggambarkan nama batu ini dengan sebutan Chrysocolla, yang artinya ‘lem emas’. Karena digunakan sebagai medium untuk bisa mengelas kepingan-kepingan emas.
Adapun di zaman Romawi, batu ini disebut sebagai Santerna. Para pelukis kuno menggunakan batu ini sebagai pigmen untuk cat.

Sedangkan oleh para raja, batu ini digunakan sebagai perhiasan mahkota, cincin, kalung, liontin dan gelang. Ini terkenal sejak ribuan tahun silam. Baik di kerajaan Romawi, juga bahkan jauh sebelum itu yakni di Zaman Mesir Kuno.

Demikian kesimpulan yang diperoleh dari sejumlah pencarian secara kepustakaan oleh BERITABATU.com. Anda juga bisa menemukan banyak tulisan dalam bahasa Inggris yang mengulas tentang jenis batu Chrysocolla.

Semua ini adalah tanda-tanda kebesaran Allah swt di muka bumi. Maka bersyukurlah. Karena meski batu sekalipun menjadi indah dalam pandangan manusia. “Maka nikmat Rabb-mu mana lagi yang kamu dustakan?.”
Sumber : BERITA BATU.COM

Share this game :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. GEMSTONE FROM ACEH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger